Gmail Basic Helper


Sebuah script hasil keisengan saya dan lahir dari rasa malas saat menggunakan Gmail pada mode Basic HTML.Anda tentu tahu, jika koneksi lambat maka Gmail akan membuka tampilannya dengan mode Basic HTML. Memang tidak masalah, tapi terkadang saya agak malas untuk mengeklik checkbox satu persatu dan menandai bahwa pesan tersebut telah dibaca  (“Mark as read”).

Apalagi saya juga menerima notifikasi dari Facebook, Newsletter, dll. Ya, notifikasi tersebut memang sering saya lewatkan karena terlalu malas membaca begitu banyak notifikasi yang masuk. Kalau anda berada di Gmail standard, tentu anda bisa memilih email yang belum terbaca dengan mudah. Tapi di Gmail Basic? jangan harap anda bisa melakukan dengan cepat.

Karena itulah saya iseng-iseng membuat script  ini. Gunanya? ya untuk sekedar mengatasi rasa malas saya jika harus menyeleksi email yang belum terbaca, terutama email yang hanya berisi notifikasi.

Satu lagi, sebelum mencoba script ini, pastikan bahwa anda sudah menginstall Add-On Firefox yang bernama GreaseMonkey.

Cara menginstall script ini (bagi yang masih awam) :

  1. Script ini hanya bisa digunakan pada web browser Mozilla Firefox, jadi anda harus menggunakan Firefox untuk bisa menjalankan script ini.
  2. Install GreaseMonkey. klik disini untuk download.
  3. Restart Firefox jika sudah selesai.
  4. Masuk ke : http://userscripts.org/scripts/show/88152 dan klik Install
  5. Jika script sudah terinstal, maka cobalah masuk ke Gmail tapi dengan menggunakan tampilan Basic HTML (scroll sampai bawah halaman, dan klik basic HTML).
  6. Refresh halaman, dan lihat hasilnya.

Mungkin saat ini baru fitur dropdown yang ada. Insya Allah saya akan menambahkan beberapa fitur lagi di kemudian hari. Silahkan mencoba dan jangan lupa untuk menyampaikan kritik, saran, atau laporan error apabila ada yang tidak beres dengan script saya ini.

Leave a Reply

