Cek Status Tinta Printer di Ubuntu


Pertama-tama saya ucapkan alhamdulillah,  karena printer saya akhirnya sudah pulih (alias sudah direparasi😀 ). Bagi anda yang pernah memakai printer di OS Windows, pasti tidak kesulitan menemukan software untuk mengelola printer anda. Biasanya software tersebut sudah dipaketkan bersama dengan installer driver printer anda.

Tapi bagaimana dengan para pengguna Linux? Saat saya mencoba menghubungkan printer saya (Epson CX 3700) dengan Ubuntu, secara otomatis Ubuntu berhasil mengenali printer saya. Tapi yang jadi masalah, bagaimana cara melihat sisa tinta yang ada? Setelah searching kesana-kemari, akhirnya saya menemukan mtink.

Mtink adalah sebuah utility kecil yang bisa membantu anda mengelola printer. Tentunya mtink hanya menyediakan beberapa fitur dasar. Yang saya perlukan dari mtink ini adalah fitur untuk menampilkan sisa tinta yang ada.

Bagi anda pengguna ubuntu, anda tinggal buka aplikasi Ubuntu Software Center, kemudian ketik mtink pada kotak search. Setelah itu klik Install untuk menginstall. Pada saat proses instalasi akan keluar tulisan peringatan yang isinya adalah memperingatkan anda bahwa untuk menjalankan mtink anda harus masuk ke grup spesial. Apa grup itu? Nanti saya jelaskan lebih lanjut.

Setelah instalasi berhasil, coba buka mtink di menu Application -> Accessories -> Mtink. Nah, saat anda menjalankan mtink, akan muncul pesan error seperti ini :

Nah di pesan error itu, katanya kita harus jadi member dari group lp . Nah inilah yang dimaksud grup spesial itu. Jadi kita harus memasukkan nama-nama user yang diperbolehkan untuk mengakses mtink ke dalam group lp. Edit group? Gimana caranya. Saya juga nggak tahu.. hahahaha. Tapi untung ada om google. Saya menemukan di arsip Ubuntu Forums, bahwa kita tinggal edit file /etc/group.

OK, buka terminal, lalu ketik :

sudo gedit /etc/group

Setelah itu, cari kata “lp:” (tanpa tanda petik) dengan cara Ctrl+F, lalu ketik lp: .
Misal, saya menemukan baris seperti ini :

lp:x:7:

Maka saya tinggal tambahkan username saya, sehingga menjadi :

 lp:x:7:irzan
 

Trus kalo mau nambahin user yang lain gimana? Ya gampang, anda tinggal menambahkan nama user lain dengan ditambahi koma. Nantinya kira-kira begini :

 lp:x:7:irzan,user1,user2,user3
 

Setelah itu, coba jalankan lagi mtink. Biasanya saat pertama kali anda berhasil menjalankan mtink, anda akan disuruh memilih port. Nah, disini saya juga bingung mau pilih port yang mana. Saya coba ngawur sajalah, saya pilih /dev/usb/lp0. Kemudian anda akan disuruh memilih jenis printer. Karena printers saya tidak ada dalam daftar printer, saya pilih Other Printer. Setelah itu, mtink akan coba mendeteksi printer saya.

Jika mtink tidak berhasil mendeteksi printer anda (seperti gambar diatas), coba ganti setting di Preference untuk bagian Port Choice, atau anda juga bisa merestart printer anda.
Jika masih tidak bisa, cobalah cara berikut ini :
ketik di terminal :

sudo nautilus
 

Kemudian buka /dev/usb. Di komputer saya terdapat file lp0, inilah file device printer saya, mungkin di komputer anda bisa berbeda. Klik kanan file tersebut, pilih Properties, klik tab Permissions. Untuk bagian Others, pada Access berikan Read and write. Close properties, dan coba jalankan mtink sebagai user biasa.

Jika masih tidak bisa, berarti (ini hanya kesimpulan saya) mau tidak mau anda harus menjalankan mtink sebagai root.

Semoga artikel yang panjang lebar ini bisa berguna bagi anda.

Happy hacking !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s