Install OpenOffice.Org di Slackware 13


Secara default Slackware tidak memuat OpenOffice dalam paket instalasinya. Tapi Slackware memuat KOffice sebagai pengganti OpenOffice. Lalu bagaimana bila anda terbiasa menggunakan OpenOffice sebagai office suite di OS Linux?

Disini saya hanya ingin berbagi pengalaman tentang instalasi OpenOffice di Slackware 13 di PC saya. Saya tidak bermaksud menggurui, saya hanya ingin share pengalaman kepada anda semua.

Petama, download instalasi OpenOffice di : http://www.openoffice.org/

Cara mendownload OpenOffice :

Klik “I want to Download OpenOffice.Org“, lalu klik di “Get all platforms and language” atau di : http://download.openoffice.org/other.html . Kemudian klik “Download Full Installation Sets“. Lalu carilah instalasi berbasis RPM yang sesuai dengan processor PC anda. Misal, saya menggunakan PC dengan prosesor Intel Pentium 4, maka lokasi download saya ada di : “Linux 32-bit Intel RPM“. Jika anda menggunakan PC dengan prosesor 64-bit maka lokasi download anda ada di : “Linux 64-bit x86-64  RPM“. Kemudian cari link download sesuai dengan bahasa yang anda kehendaki. Misalnya saya ingin mendownload OpenOffice dengan tampilan bahasa inggris, maka saya cari di baris “English (US)”. Kemudian klik Download (perhatikan lagi baris dan kolom tempat anda mendownload, jangan sampai salah download seperti saya hahahahaha…)

Setelah download selesai, buka terminal lalu pindah ke direktori hasil instalasi (misal, direktori hasil instalasi bernama Downloads).

Catatan : Saya melakukan ini semua dengan account root.

cd Downloads/

Ekstrak file hasil download dengan (disini nama file hasil download bernama OOo_3.2.1_Linux_x86_install-rpm-wJRE_en-US.tar.gz):
Misal

tar -xzvf OOo_3.2.1_Linux_x86_install-rpm-wJRE_en-US.tar.gz

Setelah selesai, pindah ke folder hasil ekstrak tadi (maaf saya lupa nama foldernya, yang jelas nama foldernya diawali huruf “OOO”) :

cd namafolder-hasilextract/

Lalu masuk ke direktori RPMS

cd RPMS/

kemudian masuk ke direktori dekstop-integration

cd desktop-integration/

Hapus file RPM yang tidak perlu. Dalam hal ini karena saya memakai slackware, maka saya akan menghapus semua file RPM kecuali yang bertuliskan “freedesktop“.

rm -rf nama-file-RPM-yang-tidak-diperlukan.RPM

lalu kembali ke direktori RPMS

cd ..

Setelah itu install semua file RPM yang ada di folder RPMS (Slackware 13 sudah menyertakan program rpm untuk instalasi file RPM, ga tau lagi untuk versi Slackware kebawah😀 ).

rpm -i -vf --nodeps *.rpm

Setelah instalasi selesai, tugas anda sekarang adalah menginstal menu agar OpenOffice tampak di menu aplikasi anda. Caranya :

cd desktop-integration/
rpm -i -vf --nodeps *.rpm

Nah sekarang coba anda lihat menu aplikasi anda. Apakah sudah OpenOffice sudah ada disana (biasanya dibagian Office). Kalau di dekstop XFCE milik saya sudah ada😀.

Sekian saja artikel tentang pengalaman saya melakukan instalasi OpenOffice.Org di Slackware 13. Semoga anda juga bisa menginstall OpenOffice.Org di PC Slackware milik anda. Happy installing !

16 thoughts on “Install OpenOffice.Org di Slackware 13

      1. XFCE kurang familiar saya om . . . saya lebih mantep pakek GNOME . . .
        KDE, kalo kepepet aja . . . soalnya, meskipun KDE itu meriah, tapi, kenapa ya, menurut saya kok ngebosenin . . .😀

    1. gini mas, tempo hari saya coba instal dari yang source, ternyata gagal.
      ternyata saya salah download hahahaha.. yg saya download buat 64bit, padahal PC saya 32bit..

      pas browsing2 di google ketemu cara ini (instal pake paket RPM)😀
      saya coba kok enak, ya uda pake cara ini aja.. hehehe..
      pake source jg gpp kok, tp menurut saya ini yg lebih mudah buat pemula seperti saya😀

      1. mas Irzan,
        nama saya suyitno, nick name hamtoy.
        setelah baca tulisan anda , akhirnya saya bisa install open office di slackware 13.37,
        maklum baru kenal linux,
        terimakasih banyak mas Irzan.

  1. thanx om,,, berhasil terinstal openoffice nya di slack 13.37
    thanx bgt om….kalo bisa di tambahin untuk tutorial paket lainnya om pisss

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s