Zoho CRM – A Short Review


Pernah pake software CRM? Belum pernah? Sama, saya juga hahaha..

Apa sih software CRM itu? Software CRM adalah software yang digunakan untuk kebutuhan CRM *ya iyalah*. CRM sendiri kependekan dari Customer Relationship Management. Pengertian CRM secara sederhana adalah cara suatu perusahaan mengelola hubungan dengan customer saat ini maupun customer yang akan datang, lebih khusus lagi supaya bisa menambah customer. Dalam CRM, perusahaan akan mencoba menganalisa data-data yang sudah diperoleh agar bisa memperbaiki hubungan dengan customer dan calon customer.

Data-data tadi dikumpulkan dari berbagai sumber, bisa melalui telepon, website perusahaan, media sosial, dsb. Jadi intinya, CRM itu bagaimana cara perusahaan menjaga hubungan baik dengan customer dan calon customer.

Salah satu software CRM yang ada di pasarang adalah Zoho CRM (https://www.zoho.com/crm/). Kenapa memilih Zoho CRM? Sebenarnya tidak alasan khusus, karena saya mencari secara random hehehe.. Nggak ding, sebenernya karena 2 hal utama yaitu, Zoho CRM ini berbasis cloud, jadi saya tidak perlu install software di komputer saya. Dan yang kedua karena Zoho CRM menyediakan Free Plan.

Sistem Free Plan ini penting bagi saya pribadi, karena jika dibandingkan dengan sistem Free Trial, user bisa menjalankan bisnisnya dengan hati dan pikiran yang tenang tidak merasa dikejar-kejar masa trial. Meskipun memang ada batasan pada beberapa sistem Free Plan. Misalnya untuk Zoho CRM ini hanya mengijinkan 10 user yang terdaftar, tidak bisa mengirim email massal, dan mungkin ada beberapa batasan lainnya yang belum saya ketahui.

Cara registrasi pada Zoho CRM bisa dibilang sangat mudah dan cepat. Anda hanya perlu mengisikan nama Anda, nama perusahaan, alamat email, dan password untuk login ke Zoho CRM. Apabila anda belum memiliki perusahaan, isikan saja dengan nama terserah, karena Zoho CRM tidak memerlukan validasi data perusahaan.

Setelah selesai mendaftar, yang perlu Anda lakukan adalah mengatur data-data perusahaan dan data diri anda. Setup pun dapat dilakukan dengan mudah, karena desain UI dari Zoho CRM sendiri sangat simple dan to-the-point.

Menu pada navigation bar diatur berdasarkan module yang ada dalam sistem Zoho CRM. Module ini nantinya akan disesuaikan dengan Plan yang kita sewa. Bagi saya pribadi module-module yang disertakan pada Free Plan rasanya sudah cukup memenuhi kebutuhan suatu usaha kecil / startup.

Menu pada Zoho CRM
Menu pada Zoho CRM

Untuk pencarian data, Zoho CRM menawarkan pencarian dengan range yang luas dan sesuai module. Terlihat pada gambar dibawah ini kita bisa memilih mau mencari pada semua area, ataupun hanya mencari pada module tertentu. Fitur ini tentunya sangat membantu user untuk mencari data customer, user, campaign, dsb.

Fitur pencarian
Fitur pencarian pada Zoho CRM

Salah satu keunggulan lain dari Zoho CRM adalah kita bisa membuat field secara custom. Field disini adalah form isian misalnya Nama, Nama Perusahaan, Alamat Email, dsb. Secara default pada saat Anda mengisi form apapun pada Zoho CRM, anda akan disuruh mengisi data yang banyak sekali. Mungkin bagi beberapa orang, desain seperti ini akan terlihat rumit dan melelahkan. Nah, disinilah fungsi custom field tersebut bisa sangat berguna.

Anda bisa saja hanya menampilkan Nama, Nama Perusahaan, Alamat Email, dan Telepon, tanpa perlu mengisi field lain yang tidak anda perlukan. Jadi user yang membuka form tersebut hanya akan mengisi field yang sudah anda tentukan. Posisi field juga bisa geser dan atur sesuka hati (asalkan sesuai dengan tempat yang ditentukan Zoho CRM).

Field customization pada Zoho CRM
Field customization pada Zoho CRM

Pada setiap module, field yang disediakan juga berbeda. Jadi jangan bingung ketika ada field yang ada pada module Lead tetapi tidak ada pada module Contacts. Tapi tenang, anda bisa menambahkan field anda sendiri ke dalam tiap-tiap module.

Beberapa fitur lain yang ditawarkan Zoho CRM adalah fitur Reports dan Visits. Fitur Reports berguna untuk menampilkan laporan terkait module yang ada dalam sistem, misalnya laporan mengenai Leads, Accounts, Sales Metrics, dsb. Sedangkan fitur Visit berguna untuk menampilkan laporan visitor / pengungjung website perusahaan yang nantinya bisa diintegrasikan dengan sistem Zoho CRM.

Sebenernya masih banyak fitur-fitur Zoho CRM yang tidak bisa saya jelaskan disini, antara lain Import-Export data, REST API, Migrasi, dll. Anda harus mencobanya sendiri apabila ingin tahu sampai sejauh mana Zoho CRM bisa membantu mengembangkan bisnis anda.

Bagi saya sendiri yang belum mempunyai usaha, Zoho CRM bisa memberikan sedikit gambaran bagaimana seharusnya software CRM itu bekerja dan bagaimana seharusnya perusahaan memanfaatkan software CRM untuk membantu usaha mereka🙂

One thought on “Zoho CRM – A Short Review

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s